} -->

Subscribe

RSS Feed

Powered By

Skin Design:
Orang Jawa Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 20 Juni 2009

Hardisk SCSI untuk PBX Siemen

Hardisk SCSI adalah hardisk yang menggunakan antarmuka SCSI (Small Computer System Interface), yaitu suatu antarmuka bus yang berkinerja tinggi yang didefinisikan oleh panitia ANSI X3T9.2 (American National Standards Institute).

Pada sistem PBX modern, PBX bekerja seperti halnya sebuah komputer. PBX mempunyai prosesor, memory, media penyimpan dan komponen lainnya yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Komponen-komponen tersebut biasanya dibuat sebagai modul-modul yang dapat diganti sewaktu-waktu. Pada salah satu modul PBX modern biasanya terdapat media penyimpan yaitu berupa hard disk. Bentuk dan antarmuka dari hardisk ini berbeda beda untuk setiap PBX.

Sebagai contoh, untuk PBX Alcatel OmniPCX4400 menggunakan harddisk 2,5” IDE yang biasa digunakan untuk laptop, sedangkan untuk PBX Siemen Hipath4000 dan HICOM300 menggunakan hardisk 3,5” SCSI.

Peranan dari Hardisk (HD) ini sangat penting sekali, karena HD ini tempat untuk menyimpan sistem operasi dan data-data lainnya untuk keperluan PBX. HD pada PBX ini cara penanganannya hampir sama dengan HD untuk komputer umumnya, HD tidak bisa langsung dicabut atau dimatikan listriknya begitu saja. Karena jika listrik mati ketika HD sedang bekerja, sangat besar kemungkinan datanya hilang atau korup. Oleh sebab itu, PBX biasanya dilengkapi oleh catu daya cadangan yang menjaga agar listrik tetap ada ketika listrik dari PLN mati atau tidak stabil.

Karena sifatnya yang penting tersebut, maka HD PBX perlu dibuat cadangannya, agar sewaktu-waktu terjadi crash (HD rusak) dapat langsung diganti.

Untuk membuat backup/cadangan dari suatu HD PBX, caranya sama dengan membuat backup HD komputer lainnya. Meskipun filesystemnya berbeda (kita tidak tahu), kita dapat membuat backup dengan menggunakan fasilitas dd (diskdump) pada sistem operasi linux, karena utility ini dapat membaca dan menulis data mentah. Syaratnya hanya satu, yaitu HD yang akan kita backup tersebut harus dapat dikenali oleh sistem operasi linux.

Permasalahan pada HD PBX Siemen
HD PBX Siemen ini mempunyai interface SCSI model lama yang hanya support 8 bit (narrow) dan konektornya 50 pin. Padahal pada masa sekarang, HD model ini sudah jarang ditemui. Kebanyakan HD SCSI yang dijual sekarang adalah HD SCSI 68/80 pin 16 bit (Wide). Untungnya masih ada dijual konverter dari konektor 68 pin ke 50 pin. Tetapi, agar konverter ini berguna, maka HD SCSI tersebut harus mendukung narrow (force narrow), dan ternyata HD jenis ini sekarang juga sudah mulai sulit.
Untuk berjaga-jaga, jika kita tidak menemukan jenis HD tersebut, kita dapat mem-backup HD SCSI PBX yang masih ada ke HD komputer kita dahulu.

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini