} -->

Subscribe

RSS Feed

Powered By

Skin Design:
Orang Jawa Skins

Powered by Blogger

Rabu, 22 April 2009

Tips Awet Baterai

Perlu diakui, kualitas baterai MacBook dan MacBook Pro saat ini lebih rendah dibandingkan pada masa iBook dan PowerBook. Apalagi dengan terbatasnya stok baterai baru di Indonesia, rasanya kita perlu membenahi cara kita dalam merawat dan menggunakan baterai notebook Apple.
Baterai yang digunakan notebook Apple adalah Lithium-Ion yang diklaim mampu menghasilkan performa maksimal meski dengan perawatan minimal. Kali ini MWI mengumpulkan tips agar baterai Anda lebih panjang umur dan tahan lama.
Usia baterai sangat berpengaruh dari aplikasi yang kita gunakan. Misalnya, menjalankan Adobe Photoshop untuk mengerjakan file gambar berukuran A4 akan menguras baterai lebih cepat dibandingkan hanya menjalankan Safari untuk kegiatan browsing.
Apple juga mengklaim setiap baterai mampu bekerja optimal hingga cycle-nya mencapai 300. Beberapa kasus yang MWI jumpai, seringkali pemilik notebook mengeluhkan baterainya sudah drop padahal cyclenya belum 100. Dan ada juga yang tetap tangguh meski cyclenya melebihi 300. Semua itu tergantung bagaimana cara kita menggunakannya.
Untuk mengetahui seberapa banyak cycle baterai Anda, buka System Profiler melalui About This Mac > More Info... dan pilih kolom Power di sebelah kiri.
Pengukuran cycle dapat Anda simak pada tabel dibawah ini:
Apabila status baterai Anda menunjukkan tanda Check Battery, maka Anda perlu merawatnya sesegera mungkin sebelum ia jatuh sakit.

Software
Secara software, Anda dapat melakukan hal berikut ini untuk menghemat baterai:
1. Mengurangi Kecerahan / Brightness Layar
Buka System Preferences > Displays dan atur slider-nya senyaman mungkin.
2. Matikan Bluetooth atau AirPort bila tak digunakan
Meski tidak digunakan, Bluetooth dan AirPort memerlukan suplai tenaga untuk tetap beroperasi. Jadi matikanlah bila tidak diperlukan.
3. Matikan Dashboard
Dashboard beserta Widget yang berada di belakang layar juga membebani kerja prosesor. Bila Anda tak memerlukannya sama sekali, usah diakses sejak Anda menyalakan Mac Anda. Atau matikan dengan cara berikut:
Buka Terminal (/Applications/Utilities/Terminal.app) dan ketik:
defaults write com.apple.dashboard mcx-disabled -boolean YES
Ubah YES menjadi NO untuk mengaktifkannya kembali.
4. Menjalankan Aplikasi Seperlunya
Sederhana namun dampaknya besar sekali. Cobalah untuk berlatih dan kelak manfaatnya akan terasa saat Anda berada di tempat yang tak memiliki listrik.
5. Mematikan Salah Satu Core Prosesor
Hanya berlaku untuk Mac-Intel dan Anda bisa mengikuti petunjuknya disini.

Hardware
1. Keluarkan CD / DVD bila tidak digunakan
Terkadang kita lupa akan kepingan CD di dalam notebook masih berputar. Pastikan untuk mengeluarkannya bila tak digunakan, selain untuk menghemat baterai, juga menghindari kejadian CD tersangkut bila notebook dijinjing.
2. Menguras isi Baterai minimal sebulan sekali
Langkah ini bertujuan agar elemen ion di dalam baterai senantiasa bergerak. Terutama bagi Anda yang kerap bekerja dalam posisi charging.
Berikut ini langkah agar ion baterai kembali sehat:
o Gunakan Notebook hingga ia sleep dengan sendirinya.
o Biarkan tetap tertidur selama 5 jam atau lebih hingga indikator sleepnya padam.
o Charge kembali hingga 100%
Nah kini semoga Anda dapat lebih baik dalam merawat baterai notebook kesayangan Anda

Tidak ada komentar:

Ada kesalahan di dalam gadget ini